Rab. Feb 28th, 2024

Customer Service Excellent  For Medical Personnel

DESKRIPSI

Pelayanan pelanggan (customer service) saat ini menjadi concern dan perhatian banyak perusahaan yang berorientasi peningkatan kinerja berbasis kepada kepuasan pelanggan. Seiring dengan tuntutan kemajuan dan perkembangan paradigma manajemen modern, keberadaan pelanggan mulai bergeser dan menjadi sentral sebagian besar aktivitas bisnis perusahaan. Pelanggan adalah masa depan perusahaan, sehingga organisasi perusahaan yang mampu mengelola pelanggan dengan prima (excellent) secara konsisten dan berkelanjutan mempunyai peluang besar untuk dapat mempertahankan kinerja atau memperoleh peningkatan secara significant.

Salah satu jasa pelayanan public yang dituntut banyak untuk hal ini adalah jasa pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, balai kesehatan dan pusat kesehatan masyarakat. Seperti halnya fasilitas pelayanan publik, Hotel dan Apartemen, rumah sakit memiliki tuntutan besar dalam menerapkan services excellent. Jika kita berbicara kepuasan pelayanan tentunya kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh bagian customers services, melainkan peran serta seluruh departemen di rumah sakit dituntut juga untuk menerapkan pelayanan prima untuk terciptanya “Service Excellence”.

Inilah salah satu dasar diterbitkannya UU tentang pelayanan publik pada tahun 2009, dimana setiap institusi baik pemerintah maupun swasta wajib memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan karyawan yang mampu memberikan pelayanan prima atau sering disebut Service Excellence atau Excellent Service.. Sugesti inilah yang menjadi tugas bagi para pengembang jasa pelayanan kesehatan untuk menghilangkanya jauh-jauh dari pola fikir masyarakat dan bagaimana caranya bisa meciptakan suasana aman dan nyaman keseluruh pengunjung rumah sakit terutama para pasien karena akan memberikan efek yang luar biasa pada pasien. Mereka pada dasarnya tidak hanya ingin berobat namun juga ingin diperhatikan, di hormati dan disanjung. Jika semua lini di rumah sakit tersebut mampu memberikan service excellent di rumah sakit yang bagus efeknya tidak hanya kepuasan pasien namun omset yang didapat juga akan meningkat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu adanya tenaga-tenaga professional yang disiapkan untuk mendidik karyawan agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Adapun upaya pengembangan tersebut salah satu metodenya yang hingga kini banyak dilakukan adalah dengan kegiatan pendidikan dan pelatihan yang didesain sesuai kebutuhan kompetensi mereka masing-masing. Dengan kegiatan diklat, maka diharapkan Sumber Daya Manusia yang mendukung jalannya proses bisnis benar-benar optimal dan memiliki profesionalitas yang tinggi.

 

METODE PEMBELAJARAN 

Peserta akan diajak untuk belajar bersama-sama melalui metode ceramah, simulasi dan role play serta game untuk memahami, membentuk danmenerapkan karakter pelayanan sepenuh hati. Pesertaakan mengalami secara langsung, bagaimana pembentukan karakter yang ideal dalam menjalani tugas sebagai bagian fungsi pelayanan

 

TUJUAN 

  • Memahami konsep service (pentingnya service) bagi kelangsungan industrialisasi pelayanan kesehatan seperti: rumah sakit, klinik, balai kesehatan dan pusat kesehatan masyarakat.
  • Melihat konsep pelayanan prima dari sudut pandang customer (pasien) dan memahami “9 Service Bites (9 Ujung Tombak)  yaitu: Access, Responsiveness, Competency, Courtesy, Reliability, Speed, Security, Tangible, Professional
  • Membantu peserta memahami komunikasi yang efektif sehingga mampu menciptakan image dan integritas rumah sakit yang tinggi sehingga tercipta citra rumah sakit yang baik dimata masyarakat.
  • Memahami dan menguasai aplikasi pelayanan prima  dilingkungan rumah sakit, mampu menguasai karakter dan typical pasien secara terampil dan cekatan hingga penguasaan diri dalam menghadapi keluhan pasien serta bertindak bijak dalam menanggapinya.
  • Mentransfer energi positif dari pelayanan prima kepada pasien, dimana hal tersebut akan memberikan pengalaman yang luar biasa dan akan berbuah pada loyalitas pasien kepada rumah sakit

 

MATERI

    1. Konsep dasar dari Pelayanan pelanggan
    2. Karakteristik Pelanggan
    3. Karakter dan typical pelayanan rumah sakit
    4. Standar Pelayanan Prima
    5. Peran Tenaga Medis dalam Menciptakan Value untuk RS
    6. Identifikasi pelayanan rumah sakit dengan Analisis SWOT
    7. Strategi menghadapi perbedaan karakteristik rumah sakit vs karakteristik pasien
    8. Manajemen Komplain
    • Pengendalian komplain yang efektif
    • Berusaha memberikan kepuasan terhadap pelanggan yg komplain
    1. Etika dalam Pelayanan pelanggan
    2. Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang customer service
    • Penampilan
    • Sikap
    • Bahasa/Komunikasi
    • Body language
    • Behaviour
    1. Latihan/Workshop

 

METODE

  • Pretest-post test
  • Presentasi
  • Diskusi
  • Studi Kasus
  • Evaluasi akhir

 

PESERTA

Pelatihan ini direkomendasikan bagi semua karyawan di bagian frontliner, atau divisi lainnya yang terkait dengan fungsi pelayanan pelanggan.

 

In – house : depending on Request

 

BIAYA

Special Rate:

Rp. 5.500.000/ participant non residential,

special price Rp. 4.000.000/participant for minimum 3 participants from the same company.

Pembayaran dapat dilaksanakan pada saat pelatihan atau transfer pada rekening berikut :

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Bandung Siliwangi

No. Rek. 130-00-1199870-8

a/n CV. DAGO PRIMA CONSULTANT

 

FASILITAS

  • Modul
  • Sertifikat
  • Souvenir
  • Training Kit
  • 2x Coffee Break, lunch
  • Pickup service Airport

Pendaftaran Hub
Shantie
Mobile : 0823 2212 3986 – 088216124128
PIN BB : 5D4C3BEC
Email   : santi@dagoconsultant.com
Blog : Shantiesha84@blogspot.co.id
Web : https://dagoconsultant.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat WhatsApp Ardi Dago